Article

  • 04 April 2023
  • Vidya SAMIPLAST
  • 30806 kali

PVC Schedule 40 dan Schedule 80, Mana yang Lebih Baik?

PVC Schedule 40 dan Schedule 80, Mana yang Lebih Baik?

Ketika mencari pipa PVC/CPVC, seringkali kita diberi dua pilihan jenis pipa, yaitu Schedule 40 dan Schedule 80. Kemudian mana yang lebih baik dan aman untuk digunakan dari kedua jenis pipa tersebut?

 

Pengertian schedule ini lebih diterapkan pada ketebalan pipa. Meskipun memiliki diameter luar yang sama, pipa schedule 80 memiliki dinding yang lebih tebal. Maka dari itu pipa schedule 80 memiliki harga yang lebih tinggi dari pipa schedule 40. Standar pengukuran pipa ini berasal dari kebutuhan untuk memiliki sistem universal pada PVC. Karena ketebalan dinding yang berbeda dapat bermanfaat dalam situasi yang berbeda, standarisasi ASTM kemudian menghasilkan sistem untuk schedule 40 dan schedule 80 untuk mengklasifikasi dua jenis yang umum.

 

Perbedaan utama dari SCH 40 dan SCH 80 adalah:

  • Tekanan Air & Aplikasi
  • Ukuran dan Diamter (Ketebalan dinding)
  • Warna

 

1. Tekanan Air & Aplikasi

Pipa SCH 40 memiliki dinding yang lebih tipis, sehingga lebih cocok untuk penggunaan tekanan air yang lebih rendah. Sementara itu pipa SCH 80 memiliki dinding yang lebih tebal dan mampu menahan PSI (pound per square inch) yang lebih tinggi. Membuat pipa SCH 80 ideal untuk aplikasi industri dan kimia.

 

Contoh, untuk pipa SCH 40 ukuran 1”, memiliki ketebalan dinding minimum 0,133” dan 450 PSI

Untuk pipa SCH 80 ukuran 1”, memiliki ketebalan dinding minimum  0,179” dan 630 PSI.

 

2. Ukuran dan Diameter (Ketebalan dinding)

Seperti disebutkan sebelumnya, pipa PVC SCH 80 dan SCH 40 memiliki diameter luar yang sama. Ini dimungkinkan karena ketebalan dinding ekstra pada SCH 80 ada di bagian dalam pipa. Ini berarti pipa SCH 80 akan memiliki aliran yang sedikit lebih terbatas, meskipun mungkin memiliki diameter pipa yang sama dengan pipa SCH 40 yang setara. Ini berarti SCH 40 dan SCH 80 pipa cocok bersama dan dapat digunakan bersama jika dibutuhkan.

 

3. Warna

Umumnya pipa SCH 40 berwarna putih, sedangkan SCH 80 seringkali berwarna abu-abu yang bertujuan untuk membedakannya dari pipa SCH 40. PVC tersedia dalam berbagai warna, jadi pastikan untuk memeriksa label saat membeli.

 

 

Lalu mana pipa yang baik untuk digunakan? Apabila Anda berencana untuk mengambil proyek perbaikan rumah atau irigasi, cukup menggunakan pipa SCH 40. Selain karena harganya jauh lebih ekonomis, pipa SCH 40 juga dapat menangani tekanan yang sedikit tinggi.

 

Jika pipa dibutuhkan untuk proyek industri atau kimia, Anda mungkin lebih ingin menggunakan pipa SCH 80. Karena memiliki dinding yang lebih tebal, SCH 80 lebih aman untuk digunakan untuk aplikasi ini.

 

Samiplast menyediakan berbagai kebutuhan pipa plastik SCH 80 untuk water treatment, sampai waste water treatment. Standar nya juga tersedia mulai dari standar JIS dan ASTM, dengan berbagai ukuran. Untuk info lebih lanjut, dapat langsung menghubungi http://samiplast.co.id/contact

 

 

Recent Posts

Apa itu CPVC Sheet?

Apa itu CPVC Sheet?

Volkswagen berkolaborasi dengan Indonesia untuk membangun ekosistem baterai EV

Volkswagen berkolaborasi dengan Indonesia untuk membangun ekosistem baterai EV

"Sunscreen" untuk Pipa PVC

Aplikasi untuk air panas, bagusnya pakai pipa apa ya?

Aplikasi untuk air panas, bagusnya pakai pipa apa ya?

Pipa PVC vs Pipa Baja, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Pipa PVC vs Pipa Baja, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Perawatan Lapangan Sepak Bola

Perawatan Lapangan Sepak Bola

Standarisasi Pipa, Fitting dan Valve

Standarisasi Pipa, Fitting dan Valve

Brand